Cara Membuat Anak Bayi tidak Rewel


Papa mama pasti akan merasa jengkel jika anak atau bayi kita selalu rewel. Sedangkan bayi tersebut belum bisa mengungkapkan apa keinginannya atau apa yang dirasakannya dengan jelas.
Sebelumnya yang perlu kita yakini adalah semua anak bayi adalah tidak ada yang rewel. Bila mereka rewel itu disebabkan karena mereka mau mengungkapkan apa yang dirasakannya dengan tangisan atau rengekan. Dan yang perlu orangtua pahami bahwa anak bayi itu sebenarnya lebih tahan terhadap rasa sakit. Anak bayi, tidak akan menangis bila rasa sakit itu memang luar biasa.
Kesabaran dan ketelatenan kita adalah modal utama dalam menghadapi anak bayi yang rewel. Kita orang tua lah yang harus mengerti apa yang diingini si anak bayi ini dan mengusahakan cara membuat anak bayi merasa nyaman. Yang perlu kita sadari dari anak bayi adalah:
  1. Setiap bayi mempunyai kebiasan yang spesifik dan individu.
  2. Setiap anak bayi harus memerlukan perlakuan yang berbeda-beda untuk setiap individu. Perlakuan terhadap bayi yang satu tidak sama dengan bayi yang lain.
  3. Kebiasan anak bayi biasanya rutin dan teratur. Jadi kalo seorang anak bayi buang air besar jam 12 malam, biasanya akan rutin dan teratur di sekitar jam-jam tersebut.
Foto Bayi Cantik dan Lucu
Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila bayi anda menangis terus menerus.
  1. Pastikan bayi tidak haus dan lapar. Bagi bayi, rasa haus atau lapar diidentifikasikan sebagai rasa sakit.
  2. Periksa apakah ada bagian tubuh yang gatal. Jika ditemukan ruam, segera beri baby cream atau baby oil.
  3. Periksa apakah ada bagian yang bengkak. Bagian yang bengkak yang luput dari perhatian kita biasanya disekitar kaki atau tangan. Beri thrombopop yang bisa dibeli di apotek
  4. Apakah suhu terlalu dingin atau terlalu panas buat anak bayi. Suhu yang terlalu dingin biasanya bisa dilihat dari telapak tangan atau telapak kaki yang bila dipegang terasa lebih dingin. Bila bayi kepanasan, bisa dilihat dari banyaknya keringat di sekitar leher. Bila sekitar leher banyak berkeringat, itu artinya bayi merasa kepanasan
  5. Periksa mulut bayi, apakah ada sariawan atau tidak. Sariawan menyebabkan bayi menangis terus menerus dan tangisnya lebih kencang ketika diberi susu
  6. Periksa pakaian bayi apakah terlalu kencang atau ada bahan yang membuat gatal.
Semua pemeriksaan di atas, hanya bila bayi tidak sakit yang ditandai dengan suhu badan yang tinggi.
Mungkin ada hal-hal di luar yang disebutkan di atas, yang seiring dengan waktu biasanya orang tua akan lebih “mengenal” bayinya dan semakin mengerti bagaimana cara membuat bayi nyaman. Intinya, papa mama tidak perlu panik bila anak menangis tanpa sebab. Karena kepanikan papa mama hanya akan membuat papa mama tidak bisa berpikir logis yang akhirnya memperparah keadaan.

1 komentar: