Tips Cara Merawat Hamster yang Benar

Tertarik untuk memelihara hamster? Tidak masalah!! Hamster memang salah satu hewan peliharaan yang lucu dan jinak, selain itu juga mudah dipelihara.
Dengan penanganan yang benar, sebenarnya hamster tidak terlalu menuntut perlakuan istimewa.

Inilah bagian-bagian yang perlu diperhatikan untuk memperoleh cara merawat hamster dengan baik.

1. Bagian Kandang
Kandang dengan bahan yang terbuat dari alumunium atau kayu adalah pilihan yang sesuai. Konstruksi kandang harus  kokoh dan mudah untuk dibersihkan.
Ukuran kandang yang luas dan besar dibutuhkan oleh hamster karena hamster ini termasuk binatang yang lincah. Ukuran kandang yang besar, akan membuat hamster merasa berada di habitatnya sendiri dan itu akan menyenangkan bagi hamster.
Berikan lapisan pasir, serbuk gergaji kayu atau sekam pada bagian bawah kandang. Ini berguna untuk menyerap air kencing dan kotoran hamster.  Setidaknya setiap minggu, lapisan ini sebaiknya diganti untuk menghindari bau dan menjadi sarang penyakit. Berikan mainan roda putar pada kandang.

2. Makanan
Hamster biasanya makan biji-bijian terutama biji bunga matahari. Hal ini sesuai dengan makanan di habitat aslinya. Saat ini sudah banyak makanan kemasan yang bisa dijadikan untuk makanan utama hamster.
Untuk makanan selingan, makanan bisa dberikan, seperti misalnya, kacang tanah, buah-buahan atau kenari yang bisa diberikan seminggu sekali.
Makanan seperti wortel, jagung dll, bisa diperhatikan sesekali saja karena kesalahan makanan bisa menyebabkan gangguan gizi pada hamster, kesalahan makanan juga bisa mengakibatkan hamster mengalami diare, obesitas, atau bahkan gangguan kehamilan. Sayuran segar yang banyak mengandung air sebaiknya tidak diberikan samasekali.
Hamster habitat alamnya adalah di gurun yang jarang air, sehingga kebutuhan air biasanya terpenuhi cukup dari air yang terkandung dalam makannya. Tetapi bila dirasa perlu, tidak ada salahnya menyediakan tempat minum khusus buat hamster yang bisa dibeli di petshop. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai air minum ini tumpah dan membasahi hamster.
3. Perawatan
Jangan sekali-sekali memandikan hamster!!
Habitat asli Hamster adalah gurun atau daerah kering. Dan juga hamster adalah binatang noctunal, yaitu aktif dan keluar mencari makan pada waktu malam hari, dan bersembunyi atau tidur di sarangnya yang berada dalam tanah pada siang hari. Memandikan hanya merugikan hamster, dia akan merasa tidak nyaman dan bila kondisi hamster tidak fit malah akan menyebabkan kematian.
Bila hamster basah sebaiknya segera dikeringkan, hal ini untuk mencegah flu dan pneumonia yang bisa juga membuat hamster mati.
Menjemur di matahari juga tidak perlu dilakukan, hal ini sekali lagi dikarenakan hamster adalah binatang noctunal yang aktif pada malam hari, jadi sinar matahari hanya akan membuat hamster tersiksa.
Bila hamster melahirkan, anak-anaknya tidak perlu dipisah dari induknya. Informasi bahwa induk hamster biasa makan anaknya adalah salah dan menyesatkan. Bayi hamster akan mendapatkan perawatan terbaik bersama induknya. Memisahkan bisa menyebabkan bayi hamster kedinginan, kekurangan susu dll, yang menyebabkan kematian.
Begitulah tips dari saya, selamat bersenang-senang dengan hamster anda

2 komentar: