Hargaemas Hari ini untuk Hari Esok

harga logam mulia  emas hargaemas aneka tambang hari ini
Bing beng bang yuk…kita ke bank.. bang bing bung yuk… kita nabung.. tang ting tung yuk.. jangan dihitung.. tahu-tahu kita nanti dapat untung..

Masih ingat penggalan syair lagu anak-anak di atas? Benar, lagu tersebut mengajarkan ke anak-anak bagaimana pentingnya menabung. Hal tersebut jelas terlihat dari kata-kata “tahu-tahu kita nanti dapat untung”

Tapi benarkah demikian? Untuk saat ini, benarkah menabung di bank membuat kita dapat untung? Bila kita menabung dalam rupiah, coba teliti lagi, berapa suku bunga bank saat ini dan angka inflasi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Untuk suku bunga deposito saja, 3-4 tahun belakangan besarnya rata-rata di bawah angka inflasi. Belum lagi kalau yang kita bandingkan adalah bunga tabungan yang biasanya jauh di bawah besarnya suku bunga deposito.

Setelah bunga bank dan angka inflasi kita bandingkan, benarkah setelah menabung sekian lama tahu-tahu kita dapat untung? Jawabannya: TIDAK!!

Kenapa tidak?

Kasus 1: Coba kita ilustrasikan, pada tahun 2010 kita punya uang Rp 400 ribu, harga beras saat itu adalah Rp 8000 per kilogram dan hargaemas sekitar Rp 400 ribu per gram. Saat itu, bila uang empat ratus ribu tersebut kita belikan beras maka akan mendapat sekitar 50 kg .

Kemudian kita misalkan uang tersebut kita simpan di bank dalam bentuk deposito dengan bunga 8% per tahun. Maka tahun 2012 uang Rp 400 ribu tersebut ditambah bunga akan menjadi sekitar Rp 466 ribu. Bila harga beras saat ini adalah Rp 10 ribu per kilogram, maka uang kita di bank akan mendapat beras hanya 46.6 kilogram, bukan lagi 50 kilogram.

Kasus 2: Sekarang kita misalkan uang Rp 400 ribu tersebut pada tahun 2010 kita belikan emas, maka akan mendapat 1 gram emas. Bila 1 gram emas yang kita beli pada tahun 2010 tersebut kita jual hari ini dan harga emas hari ini adalah Rp 510 ribu maka dengan harga beras Rp 10 ribu, maka uang tersebut bisa untuk membeli beras 51kg, yang jelas lebih banyak 1 kg dibanding tahun 2010.

Dari 2 kasus di atas mana yang lebih menguntungkan? Apakah sesuai syair lagu anak-anak di atas untuk keadaan sekarang? Apa benar menabung di bank akan membuat kita “tahu-tahu dapat untung”?

Kenapa kita memilih emas?


Sebenarnya, selain emas banyak harga logam mulia selain emas yang harganya juga selalu naik. Tetapi secara umum emas mudah sekali diperjualbelikan.
Hal yang perlu diperhatikan bila kita mau menyimpan dana kita berupa emas adalah apakah kita bertujuan hanya sebagai investasi saja. Bila hanya investasi saja, pilihan kita adalah dalam bentuk emas batangan. Emas batangan ongkos pembuatannya relatif lebih murah dibanding emas perhiasan. Pembuat emas batangan juga mabam-macam, diantaranya Aneka Tambang Emas. Tetapi bila tujuan investasi kita adalah untuk fashion, tidak ada salahnya emas yang kita beli dalam bentuk perhiasan seperti kalung, cincin, gelang atau bentuk perhiasan yang lain.


Silakan cek harga emas logam mulia hari ini di hargaemas hari ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar