Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sudah kirim suratlamaran pekerjaan banyak sekali tapi tidak satupun yang merespon?
Jangan kuatir, selain memang belum beruntung, bisa saja cara anda dalam menulis surat lamaran yang kurang benar. Untuk bisa diterima dalam satu proses rekruitmen pekerjaan kita harus siap untuk berkompetisi. Semakin bagus pekerjaan atau lowongan yang kita incar, otomatis persaingan juga semakin ketat. Tentu saja persaingan ini dimulai dari bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik. Baik surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia.
Berikut saya berikan tips agar surat lamaran anda lebih bisa diterima atau diperhatikan.
Pada dasarnya surat lamaran pekerjaan adalah suatu media yang bisa mempromosikan kita, menginformasikan siapa kita, sebelum pihak perusahaan mendalami kemampuan kita dengan tahapan-tahapan seleksi seperti misalnya tes tulis, psikotest, interview dll
Dalam surat lamaran adau dua bagian yang harus diperhatikan:
1.       Pengantar atau biasa disebut covering letter
2.       Curriculum Vitae atau CV atau Resume kita
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada surat pengantar:
1.       Surat pengantar sebaiknya terdiri dari satu halaman saja yang berisi informasi singkat siapa kita, apa tujuan kita, dan background kita secara singkat. Surat pengantar yang terlalu panjang dan berbelit-belit hanya akan mengurangi nilai anda. Karena itu juga akan menggambarkan anda sebagai pribadi yang berbelit belit dan tidak praktis.
2.       Cantumkan nama, dan no telepon yang bisa dihubungi dengan jelas. Hal ini untuk memudahkan bila pencari tenaga kerja memang tertarik dengan anda.
3.       Gunakan bahasa yang ringkas, jelas, sopan dan professional karena sekali lagi, apa yang anda tulis adalah mencerminkan siapa anda.
4.       Gunakan software pengolah kata untuk mengetik surat seperti MS Word atau yang lainnya. Gunakan huruf yang professional seperti misalnya times new roman, arial atau Calibri. Jangan sekali-kali menggunakan huruf yang rumit seperti forte, ravie, Algerian dan sebagainya. Juga jangan gunakan huruf-huruf yang lucu seperti comic san ms, Consolas dan lain-lain. Semua itu terkecuali bila anda menulis surat lamaran untuk pekerjaan yang membutuh kreatifitas seni seperti design grafis, periklanan dan sebagainya. Gunakan font 11 atau 12 pada MSWord.
5.       Gunakan kertas putih ukuran A4. Kertas berwarna atau ukuran yang lebih besar hanya akan membuat anda jadi kelihatan beda tetapi tidak professional.
6.       Informasikan darimana anda mendapat informasi mengenai posisi yang sedang lowong. Untuk fresh graduate, silakan menulis surat lamaran meskipun perusahaan tersebut sedang tidak membuka lowongan, tetapi ini tidak bisa dilakukan oleh pelamar yang sudah mempunyai pekerjaan atau posisi tertentu di suatu perusahaan.
7.       Tulislah dengan bahasa anda sendiri, jangan mengcopy atau mencontoh tulisan orang lain apalagi bila anda tidak paham.
Berikut salah satu contohsuratlamaran dalam bahasa Indonesia untuk lowongan kerja sebagai sales yang bisa dijadikan acuan.

Surabaya, 17 April 2012
Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan bapak/ibu di harian  KOMPAS, 16 April 2012, saya tertarik untuk bergabung di perusahan bapak/ibu sebagai Sales Manager.
Saya Ichwan Muchtaram, usia 30 Tahun, status menikah dengan 1 putra dan 3 putri. Saya lulusan Teknik Kimia ITS Surabaya. Saya yakin, pengalaman saya sebagai Sales Supervisor di PT. Roda Mas tempat saya sekarang sedang bekerja selama lebih dari 4 tahun dan pengalaman saya 3 tahun sebagai Sales Leader sebelumnya akan memberikan kontribusi yang berarti untuk team bapak/ibu sekarang.
Saya berharap adanya panggilan interview agar saya bisa menjelaskan prestasi-prestasi saya dan hal-hal lain terkait kemampuan saya sesuai dengan CV yang saya lampirkan.
Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Ichwan Muchtaram
08123068xxxx

Setelah itu masukkan surat lamaran pekerjaan ke dalam amplop coklat ukuran sesuai kertas (A4) kemudian kirimkan melalui pos, atau anda antar sendiri bila alamat masih bisa anda jangkau. Mengantar surat lamaran sendiri, juga berguna apabila kelak ada panggilan interview, anda mempunyai gambaran tentang perusahaan tersebut dan anda tidak perlu mencari alamatnya lagi.
Demikian  tips dari saya, semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan, saya dengan senang hati akan menjawab sebisa saya. Terima kasih

2 komentar:

  1. Contoh surat lamaran untuk fresh graduate:

    Dengan hormat,

    Sesuai dengan iklan bapak/ibu di harian Ibukota tanggal 1 April 2012, saya berniat melamar untuk posisi QC analis.

    Saya Endang Bambang, usia 21 tahun belum menikah. Saya baru lulus dari Kimia MIPA Universitas Indonesia tahun ini. Saya yakin, pengalaman saya yang aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan dan pengalaman saya sebagai asisten laboratorium di Fakultas MIPA UI akan memberikan kontribusi yang besar bagi majunya perusahaan bapak/ibu.
    Saya berharap diberi kesempatan untuk interview, agar saya bisa menjelaskan kemampuan saya seperti yang saya tulis di curriculum vitae. Saya bisa dihubungi di nomer telepon 0800355555 atau email: endangbambang@lebay.com.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Hormat saya,

    Endang Bambang

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Artikelnya bermanfaat sekali. Untuk penggunaannya, sehari harus berapa kali? Bagaimanapun juga bahan alami memang yang terbaik

    BalasHapus